Buku Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas 8
Buku Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Madrasah Tsanawiyah Kelas 8 Jilid 2
Spesifikasi Buku
Ukuran 19 x 26 cm
Isi Full Color/4 Warna HVS 70 gram
Cover Full Colour Art Carton 210 gram
Finishing Jahit Kawat
156 Halaman
Sinopsis
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan catatan perkembangan perjalanan hidup manusia dalam membangun peradaban Islam dari masa
ke masa. Belajar Sejarah Kebudayaan Islam meliputi pembelajaran pengetahuan, fakta, kronologi, akidah, akhlak-etikm politik, dan sosialkeagamaaan sehingga dapat membentuk karakter peserta didik melalui telaah suri teladan, cinta dan berjuang untuk tanah air, tanggung jawab dan kepedulian terhadap lingkungannya.
Buku teks pendamping Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs ini memiliki kekhasan sebagai berikut.
1. Berisikan materi Sejarah Kebudayaan Islam sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
2. Tujuan dari pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada fase D ini agar peserta didik mampu menganalisis misi dan strategi dakwah Rasulullah saw. di Makkah dan Madinah sebagai rahmat bagi seluruh alam, memahami peristiwa pada periode Khulafaurasyidin, Islam pada periode klasik, Islam pada periode pertengahan, dan periode Islam di Nusantara sebagai inspirasi bagi peserta didik dalam menerapkan semangat ukhuwah islamiah dan ukhuwah wataniah dalam kebinekaan.
3. Buku ini menyajikan Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran, Karakter P5-PPRA, Peta Konsep, Kata Kunci, Pantun Pemantik, Apersepsi, Inti Materi, Li hat di Sekitarmu, Materi, Mari Berpikir, Aktivitas, Kisah Hikmah, Mutiara Hadis, Jendela llmu, Jelajah Internet, Aku lngat Kembali, Rangkuman, Refleksi, Lembar penilaian, Asesmen Formatif, Asesmen Sumatif, Remedial dan Pengayaan, lnteraksi Guru dan Orang Tua, serta Kegiatan P5-PPRA.
Semoga buku ini dapat memberi kontribusi kepada peserta didik dalam memahami sejarah kebudayaan islam serta menerapkan suri teladan yang ada di dalamnya sehingga dapat menjadi acuan berpikir dan bersikap dalam konteks bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.